HARLEY SPORTERS
Harley Fat Boy, Heritage dan lebih awalnya model Nostalgia
akan masuk dalam kategori ini. Motor ini hampir mirip dengan Harley jenis
Touring, sehubungan dengan gaya big FL mereka pada bagian depan meskipun mereka
lebih dikelompokkan sebagai softails. Meski tidak seberat Harley model touring,
motor ini masih tergolong berat dan tidak dianjurkan untuk pengendara pemula.
Tentu saja yang menjadi pertanyaan awal adalah, kenapa harus
Sportster? Toh Harley-Davidson memiliki banyak varian untuk
dipilih. Setidaknya, bagi penyuka style custom bike dengan cita rasa sporty,
jelas hanya Sportster yang merupakan pilihan paling pas. Karena karakter
Sportster menonjol sebagai kendaraan dalam kota maupun daily use.
Secara keseluruhan bentuk Sportster sangat
kompak, padat berisi, sehingga memudahkan untuk manuver maupun untuk
mengembangkan kecepatan. Dengan demikian, Sportster sangat layak dirujuk
sebagai kendaraan harian.
Harley-Davidson Sportster 883
Ukuran dimensi panjang motor, meski
wheelbase keduanya beda, masih memadai untuk melakukan manuver meliuk di antara
lalu lintas yang padat. Tinggi ground clearance juga ideal melintasi kondisi
jalanan di perkotaan.
Tidak hanya itu, Sportster dikenal
pula sebagai varian HD yang punya tipikal sport paling ideal. Tentu saja
format mesin Evolution yang diadopsi punya andil besar menyorongkan performa
yang disukai pengendara. Khususnya bagi yang menyukai kecepatan.
Harley-Davidson Sportster
Namun rasanya sayang apabila
memiliki motor style custom tapi hanya dipakai di dalam kota. Lantas bagaimana
pilihannya jika hendak touring? Pasalnya Sportster punya ragam varian. Meski
yang paling populer dari segi kapasitas mesin adalah 883 cc dan 1.200 cc.
Sebenarnya kedua tipe tersebut
sebanding. Tapi, rasanya lebih pas bila touring memakai kapasitas mesin lebih
besar. Alasannya mungkin pada soal selera. Kapasitas besar tentu saja
menghasilkan tenaga yang besar. Bukankah hal ini yang disukai dari motor
touring.
Harley-Davidson Sportster
Lainnya, kapasitas 1.200 cc membuat
tarikan larinya dapat lebih cepat. Apalagi dengan torsi yang mencapai 107 Nm
pada 3.500 dan tekanan kompresi yang cukup tinggi, 9.7 : 1. Meski demikian
dengan rasebar tidak terlalu tinggi tetap mudah menghandling-nya.
Sedangkan bila hanya mengutamakan stylish
riding di dalam kota, tipe 883 jelas sudah lebih dari cukup. Apalagi harganya
juga terpaut cukup jauh dengan 1200. Umumnya faktor harga bisa mempengaruhi
pilihan tipe motor yang hendak dibeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar